NEWS
DETAILS
Kamis, 15 Feb 2018 18:27 - Asosiasi Hayati Honda Community

Musim hujan bisa jadi momok tersendiri bagi pengendara motor. Pasalnya, motor bisa tiba-tiba mogok setelah menerjang banjir atau genangan air sob.

Tapi jika kamu mengalami motor mogok, setelah menerjang banjir, tak perlu langsung panik.

Ada tiga komponen yang bisa sobat cek, Apa saja?

Pertama adalah filter udara. Potensi masuknya air melalui filter udara jelas cukup besar, karena komponen ini bertugas menyuplai udara dari luar untuk masuk ke ruang bakar.

Apalagi pada motor berjenis skutik, posisi filter udara sangat rendah, tentunya bisa jadi faktor pertama yang mesti dicurigai ketika motor ngadat.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah busi. Busi bisa kemasukan air melalui celah kepala (cop) busi. Busi sendiri bertugas menyokong pengapian pada mesin. Jika busi kemasukan air, maka tak ada api bagi ruang bakar, ini yang menyebabkan mogok.

Solusi gampangnya keringkan busi dengan kain yang bersih. Ingat, jangan diampelas ya karena itu justru bisa merusak elektroda busi.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah lubang knalpot.  Air bisa saja masuk melalui lubang knalpot. Air tersebut sebenarnya bisa langsung keluar dari knalpot, karena knalpot umumnya dilengkapi lubang kecil dekat bagian silincer. Tapi kalau air yang masuk banyak, mau enggak mau ya harus bongkar knalpot sob untuk mengeringkannya. (trb)

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK