NEWS
DETAILS
Senin, 02 Feb 2015 16:31 - Hayati Honda Community

Pada setiap ban yang diproduksi oleh pabrikan pasti diberi kode di dinding ban nya. Tujuannya adalah untuk mempermudah orang untuk mengecek karakter ban.

Berikut penjelasan secara singkatnya.

Seperti tertulis pada contoh. 130/70 di awal menunjukkan lebar ban dan tinggi ban. Angka 130 dihitung dengan milimeter (mm) adalah lebar tapak ban. Sedang angka 70 merupakan tinggi ban dihitung persen dari lebar ban. Selama ini 70 dianggap tinggi 70 mm, padahal ini merupakan hitungan persentase dari lebar tapak. Artinya tinggi ban 91 mm dari 70 persen lebar tapak yang 130 mm.

 Sedang huruf M/C pengertian dari motorcycle yang diartikan ban sepeda motor. Lalu tulisan 62 paling belakang adalah kode kemampuan ban menerima bobot maksimal. Selanjutnya dengan huruf ‘S’ adalah batas aman kecepatan putar ban. Dalam keadaan baru aman digeber sampai 200 km/jam. Tetapi kalau sudah setahun dipakai ya jangan diartikan begitu lagi, sudah menurun daya tahannya terhadap panas. 

 Jangan lupa melihat arah panah pada dinding ban, itu arah rotasi ban. Anak panah ini juga ada di setiap ban yang kembangnya alias pattern dilarang terbalik.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK